File Academy

literasi visual

Literasi Visual #6 – Teks dan Konteks Fotografi

Fotografi sebagai benda visual bisa memancing interpretasi sangat beragam bagi pembacanya/ pemirsa foto. Dalam video ini dijelaskan apa itu teks, koteks dan konteks foto. Setelah mengikuti kelas ini kita diharapkan dapat memahami foto sesuai konteks yang dibangun. Pengetahuan ini juga diperlukan agar kita tidak tersesat dalam memahami foto. Pahami apa itu konteks internal, orisinal dan […]

Literasi Visual #6 – Teks dan Konteks Fotografi Read More »

Literasi Visual #4 – Jenis Foto dan Bahasa Visual

Foto sesungguhnya memiliki banyak jenis. Jenis foto yang dijelaskan dalam video ini lebih mengarah pada sifat dan tujuan foto dibuat, bukan berdasar apa yang difoto. Dengan memahami jenis foto kita akan mampu memilih dan menentukan seperti apa foto yang akan kita buat atau kita hasilkan. Ada foto deskriptif, evaluatif, eksplanatif dan jenis lainnya. Video Highlight

Literasi Visual #4 – Jenis Foto dan Bahasa Visual Read More »

Literasi Visual #2 – Semiotika Fotografi

Kelas semiotika fotografi merupakan pengantar komprehensif ke dalam analisis semiotika yang diterapkan pada domain fotografi. Peserta kelas akan diajak untuk mengungkap makna yang tersembunyi dalam gambar-gambar melalui pemahaman tentang tanda, konsep signifikasi, dan hubungan denotasi serta konotasi. Dalam konteks fotografi, peserta akan mempelajari bagaimana elemen-elemen visual seperti komposisi, warna, dan cahaya dapat menjadi tanda-tanda penting

Literasi Visual #2 – Semiotika Fotografi Read More »

Literasi Visual #1 – Berbicara Melalui Karya Fotografi

Foto, sebagaimana bahasa merupakan media komunikasi. Berkomunikasi melalui foto memerlukan pemahaman dasar tentang ‘tata bahasa’ atau gramatika visual. Dalam video ini akan dikupas dasar-dasar gramatika foto yang sangat bermanfaat bagi fotografer. Fotografer tak ubahnya sebagai penulis yang merangkai kata-kata melalui imaji-imaji fotografi Video Hightlight

Literasi Visual #1 – Berbicara Melalui Karya Fotografi Read More »