File Academy

Kali Pertama Manusia dalam Foto

Pada tahun 1839, memotret orang merupakan hal yang sulit karena teknik fotografi yang tersedia saat itu masih terbatas. Salah satu teknik fotografi yang populer pada saat itu adalah daguerreotype, yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menangkap gambar. Fotografer harus berdiri dengan sangat tenang selama beberapa menit agar gambar yang dihasilkan bisa terlihat jelas. Hal ini sangat sulit dilakukan saat memotret orang, terutama jika orang yang akan dipotret tidak dapat diam selama beberapa menit.

Selain itu, kualitas foto yang dihasilkan pada saat itu masih sangat buruk. Foto yang dihasilkan sering kali terlihat buram dan tidak jelas, sehingga tidak banyak orang yang tertarik untuk memotret orang. Harga foto juga sangat mahal, sehingga hanya orang-orang yang sangat kaya saja yang mampu membelinya.

Karena keterbatasan teknik fotografi yang tersedia pada saat itu, memotret orang merupakan hal yang sulit dilakukan.

Foto Boulevard de Temple konon merupakan foto pertama dalam sejarah yang merekam manusia, penyemir sepatu dan pelanggannya. Foto tersebut dibuat oleh Louis Daguerre pada tahun 1839. Foto ini merupakan salah satu contoh yang terkenal dari teknik fotografi yang disebut daguerreotype.

Bahasan di atas adalah salah satu bab pada Kuliah Literasi Visual Batch ke-1 yang disampaikan oleh Prof. Soeprapto Soedjono, Guru Besar Fotografi Indonesia. Kamu bisa ikut kelasnya di Kuliah Literasi Visual Batch #1.

Ilustrasi Louis Daguerre sedang memotret. Dibuat menggunakan AI Midjourney

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.