File Academy

70% Anak Muda Ingin Berwirausaha

Forma@2x.png

"Tapi seperti piramida Maslow, fotografi bagi setiap orang memiliki makna yang berbeda."

Berdasarkan data Kemenkop UKM dan survei CSIS (Centre for Strategic and International Studies) sebanyak 70-73% persen anak muda dari seluruh Indonesia bercita-cita menjadi pebisnis, bukan lagi pegawai.

Menurut Menteri Koperasi & UKM @tetenmasduki_ pelaku umkm saat ini mayoritas masih dalam skala ekonomi subsisten atau hanya memenuhi kebutuhan rumah tangga. Belum sampai pada tingkat menghasilkan produk berbasis inovasi, teknologi, dan ilmu pengetahuan. Perguruan tinggi punya peranan penting dalam upaya mendorong evolusi kewirausahaan Indonesia.

Maka ketika saya diundang menjadi narasumber untuk memberi pembekalan tentang entrepreneurship di depan 300an mahasiswa baru Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta menjadi langkah yang nyata. Kolaborasi dunia pendidikan & dunia industri intens dilakukan, saling melengkapi untuk menciptakan entrepreneur berkualitas, kreatif dalam berkarya dan kreatif berwirausaha.

Buat saya yang tidak memiliki latar pendidikan seni, mendapatkan kesempatan berbicara di Perguruan Tinggi Seni terbaik di Indonesia menjadi penghargaan yang sangat tinggi. Terlebih sambutan hangat dari Rektor ISI Yogyakarta Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum didampingi Pembantu Rektor I & III Dr. St. Hanggar Budi Prasetya, S.Sn., M.Si. & Muhammad Sholahuddin, S.Sn., MT. Lengkap dengan Dekan FSMR yang dalam beberapa bulan terakhir sudah intens bekerjasama Dr. Irwandi, M.Sn dan Pembantu Dekan I & III Dr. Edial Rusli, S.E., M.Sn & Arif Sulistiyono, M.Sn. Ini menjadi langkah awal menyusul program kolaborasi yang telah dan akan dirancang bersama.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.